Jumat, 23 September 2016

“Bondowoso” adalah Surga yang tersembunyi, Benarkah?

              Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Apa Kabar? Semoga kamu dan keluargamu selalu diberi berkah oleh Allah SWT. Alhamdulillah sampai sekarang saya masih diberi kesehatan jasmani dan rohani beserta keluargaku di rumah tercinta ini. Oh iya saudara, lama sekali rasanya aku tidak posting – posting di blogku, rasanya banyak sekali jaring laba – laba dan telur cicak di dinding dinding blogku :v. Ya maklumlah, kali ini aku jadi bapak rumah tangga*Profesi baru bro? Haha. Aku masih menjadi pengganguran yang selalu banyak acara, entahalah walaupun sekedar ngumpul ngumpul ke rumah teman itu tetap aku anggap sebagai acara wkwk. Setiap hari aku hanya baca buku, menonton film, bantu orang tua dan syukurlah tidak seperti yang orang lain katakan bahwa aku pengganguran walaupun dari arti sebenarnya aku pengganguran.*Jangan Curhat bro. Dan oleh karena itu aku berniat untuk kembali menjadi juniartha indra pratama yang selalu termotivasi dan penuh semangat untuk melakukan aktivitas apapun. Jadi, aku rasa blogging adalah solusi untuk menghabiskan waktu kosongku di rumah. Oh iya mengenai judul diatas aku sebenarnya tertarik dari sebagian orang yang mengatakan “Bondowoso adalah surga yang tersembunyi”, dan aku  juga tertarik dengan fakta – faktanya yang kenapa sebagian orang mengatakannya demikian. Untuk itu saya mengeksplorasi bondowoso dari dalam, dari tempat dimana ramenya pengunjung, pengunjung yang jarang – jarang dan bahkan pengunjung yang hampir tidak ada sama sekali. Mengenai itu aku sudah banyak foto dan penjelasan lebih mengenai bondowoso. Pengganguran hebat itu kan aku :v tidak ada kerjaan ya jalan – jalan atau kalau bisa cari manfaat daripada sekedar menonton tv dan maen game seharian, betul gak?. Okeh langsung ke inti  saja. Aku setuju dengan kalimat demikian yang mengatakan kalau bondowoso adalah surga yang tersembunyi, Alasannya adalah banyak.
Pertama, Bondowoso jarang dikenal banyak orang jadi bisa disebut “TERSEMBUNYI”, Kenapa aku mengatakan demikian?, Pengalaman ini aku rasakan saat aku berada di kota Malang, saat itu aku praktek kerja industri karena aku adalah siswa SMK, setelah akrab dan sering bersosialisasi disana, teman kantor bertanya kepadaku, ketika itu aku ditugaskan jadi penerima tamu jadi banyak waktu kosong tidak seperti teman – teman lainnya”Jun, Bondowoso itu di Jawa Timur ya?” Kata salah satu teman kantorku, dengan nada perasaan campur aduk aku menjawab”iyalah mbak, bondowoso itu jawa timur.” Teman kantorku itu kembali bertanya,” Dimana Bondowoso?”entah kenapa tiba – tiba perasaanku tidak enak saat dia menanyakan demikian, tapi dengan percaya diri aku tetap menjawab”Bondowoso itu kota yang dibatasi oleh kota Jember, Problinggo, dan Situbondo” Beliau tertawa lepas dan merasa malu akan ketidaktauannya”Oalah. Ternyata deket, hahaha. Maaf deh jun, aku awalnya tidak tau, justru itu aku tanya, jangan tersinggung ya?” aku hanya menjawab kata – kata temanku dengan senyuman heran, saat itu timbul pertanyaan dari dalam diri aku sendiri, Kapan dan Bisakah bondowoso menjadi kota yang hampir sama seperti “Jember, malang, dan kota kota maju di jawa timur? Atau kalau bisa melebihi kota kota maju lainnya?” Aku sih yakin, tergantung dari orang – orangnya yang siap membangun bondowoso menjadi lebih baik atau tidak. Bukannya ada hadist dari Rasulullah SAW yang pemahamanku seperti ini “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri”, Iya bener juga sih, kalau kamu pengen mengubah orang lain dan sekitarmu kamu juga harus mengubah diri kamu sendiri.
Kedua, Pernah suatu ketika aku lagi browsing di internet tiba – tiba mataku tertuju kesuatu website yang berjudul kota tertinggal yang berada di Jawa timur, karena aku orang jawa timur, aku ada rasa tertarik untuk membukanya dan sejenak berpikir semoga kotaku tidak termasuk salah satu di antara 5 kota tersebut, tapi sangat disayangkan sekali karena dalam website itu bondowoso termasuk didalamnya. Kalau diingat ingat kembali aku sih hanya bisa tertawa. Entahlah aku lupa perasaanku seperti apa waktu itu, aku rasa itu tahun 2013/2014. Jadi aku tidak ingat perasaanku seperti apa.
Ketiga, Seperti yang Al- Qur’an katakan bahwa surga adalah tempat dimana kamu tidak akan mendapatkan tempat paling indah kecuali disana, bagaimana dengan “surga” yang ada di dunia. Aku rasa memang bisa dikatakan demikian dikarenakan bondowoso kotanya indah, tentram dan warganya ramah pada pendatang, apalagi para warga yang berada dekat dengan tempat wisata, sangat sangat baik dan ramah.
            Sebenarnya banyak Alasan – alasan yang bisa aku katakan Namun rasanya 3 saja sudah cukup untuk menjelaskan Bondowoso adalah surga yang tersembunyi. Mengenai kata – kataku diatas, biar aku jabarkan tempat – tempat wisata di Bondowoso yang mana aku bersama teman - temanku juga sudah merasakan sensasinya berada di tempat yang berasa seperti surga tapi ini ada di dunia.

1. Kawah Ijen

Foto Pertama Kali ke kawah Ijen
 Kawah ini sebenarnya terletak di perbatasan antara Kota bondowoso dan kota Banyuwangi, kamu bisa mengeceknya langsung di wikipedia dan semacamnya. Kawah Ijen adalah Sebuah Kawah gunung aktif di Jawa timur yang menjadi objek andalan wisata negeri yang dapat menjadi daya tarik bagi turis dalam negeri maupun luar negeri. Kawah ijen mempunyai ketinggian sekitar 2.443 mdpl, dan letusan terakhirnya tahun 1999. Kawah ijen adalah danau asam terbesar di dunia bayangin saja, Luas danau Kawah Ijen mencapai 5.466 ha dengan kedalaman diperkirakan mencapai 200 meter. Danau ini memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Jadi jangan berani sentuh airnya kalau tidak ingin merasakannya, Walaupun aku menyentuh airnya saat aku sampai dibawah untuk pertama kalinya, rasanya hangat seperti air hangat di rumah saat aku membuatnya, toh Aku baik baik saja tapi mungkin dikarenakan aku menyentuhnya hanya dibagian pinggir saja, tidak ditengahnya heheh. Seperti suhu di Gunung lainnya gunung kawah ijen suhunya sangat dingin dan kabarnya pernah hampir mendekati 5’C, sekalipun kami mendaki pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Berasa seperti pukul 05.00 WIB. Sewaktu kami berangkat banyak sekali pengunjung yang datang, mereka datang dari dalam kota, luar kota, bahkan ada yang dari luar negeri. Mereka semua bergerombol saling memberi semangat untuk bersama - sama sampai pada puncaknya. Saat aku tiba disana untuk pertama kalinya Pada Tanggal 15-09-2013 aku merasakan suasana yang belum pernah aku rasakan sebelumnya, benar benar kekuasaan Allah SWT,Subhanallah. suhu dingin sejuk masuk kedalam ruas ruas tulangku dan pemandangan indah tak terkalahkan menjadikan letih yang tadinya meraung raung memporovokasi diri untuk  menyerah saat di perjalanan, terbalas sudah semuanya. Aku masih ingat perasaanku saat aku berada disana untuk pertama kalinya, benar benar tidak bisa terlupakan. Kalau kamu ingin tau selebihnya tentang kawah ijen dan cerita pengalamanku di Kawah ijen Kamu bisa mengecek pengalamanku naik kawah ijen pada laman ini  "Pengalamanku Mendaki Kawah ijen"


Foto Pertama Kali melihat Blue Fire
           2. Blue Fire
               Blue Fire atau bisa dikatakan Blue Flame, adalah pemandangan unik yang tidak sembarangan tempat bisa anda temukan*bisa sih di kompor rumah ada kok -_-. Tempatnya sama dengan kawah ijen bedanya kalau kamu ingin melihat Blue Fire, kamu harus berjalan turun untuk sampai kesana. Blue Fire yang ada di Bondowoso ini adalah Wisata langka, hanya ada 2 di dunia, salah satunya lagi ada di Islandia. Jauh kan bro? :3 Tapi saya sarankan untuk kamu yang ingin melihat blue fire/blue flame membawa masker atau menyewa masker yang orang orang sediakan saat di atas nanti, Harganya masih relatif murah tapi itu lebih baik daripada kamu sesak pernafasan dikarenakan asap belerang yang bertebangan dimana mana. Jalannya sangat curam dan berbatu aku sarankan jangan pernah pake highheels atau semacamnya alangkah lebih baiknya menggunakan sepatu khusus pendakian minimal sepatu yang tidak licin dan nyaman untuk digunakan. Oh iya, belajar dari pengalaman yang aku dapat, Pendakian untuk melihat Blue fire dibuka pada jam12.00 dini hari, kalau kamu ingin kesana jadi lebih baiknya datang malam saja. Jadi, sebelum itu kamu bisa menikmati pemandangan dan wisata wisata lain yang bisa kamu dapatkan disana yang tidak jauh dari kawah ijen. Blue fire ini hanya terlihat kurang lebih dari jam 02.00 – 04.30 dini hari maka, para pendaki sangat bergegas dan berbondong – bondong mendaki untuk mendapatkan momen ini karena takut matahari terbit duluan sebelum sempat melihat blue fire, kalau matahari terbit blue fire yang tadinya keliatan menjadi tidak keliatan, maka aku sarankan siap kan fisik dan mentalmu hehehe, Jadi tunggu apalagi daripada susah – susah ke islandia yang mungkin biayanya sangat mahal dibandingkan biaya ke Banyuwangi - Bondowoso – Indonesia kan uangmu bisa dibuat keperluan yang lain, betul gak?, datang saja kesini kamu pasti merasakan sama seperti yang aku rasakan. Untuk cerita lengkap tentang pengalamanku saat melihat blue fire bisa anda mengklik laman ini(Menyusul)

3. Kawah Wurung
                Kawah wurung berasal dari kata Wurung ( bahasa jawa) yang berarti tidak jadi. Berarti Kawah wurung adalah Kawah yang tidak jadi, Kawah wurung wisata yang lebih dekat daripada Kawah ijen dari arah bondowoso, karena untuk sampai ke kawah ijen kamu pasti melewati kawah wurung. Suhu disini dingin sekali tapi tidak sedingin kawah ijen namun ada suasana beda yang tidak bisa kamu dapatkan saat di kawah ijen. Yaitu, hamparan rumput lebar membentang luas ditambah lagi pemandangan bukit bukit tidak terlalu tinggi yang ikut serta memaparkan diri dibawah sinar matahari. Ketinggian bukit ini tidak setinggi kawah ijen, kamu hanya cukup berlajan kaki sekitar 15 menit, kamu dapat menikmati pemandangan layaknya padang yang berada di afrika sana. Pemerintah bondowoso dan banyuwangi sering mengadakan event besar besaran di tempat ini, seperti sekitar bulan lalu terdapat event minum kopi gratis yang mana kopi itu berasal dari dalam perkebunan kota itu sendiri. Aku tidak punya fotonya yang bagus, punya sih tapi kawah wurungnya tidak keliatan jadi buat apa di posting hehehe maka kalau kamu ingin tau fotonya kamu harus sedikit menambah waktu baca kamu untuk browsing sejenak melihat gambar kawah wurung, maaf maaf :v. Jadi aku sarankan jika kamu ingin ke kawah ijen, mampir dulu sejenak menikmati pemandangan yang tidak bisa didapatkan di sembarang tempat.
Tiga tempat diatas satu jalur perjalanan, jadi jika kamu dari arah bondowoso dan ingin menikmati 3 wisata ini dalam satu atau dua hari sekaligus, aku sarankan pagi harinya kamu pergi ke kawah Wurung dulu menikmati padang hijau luas yang sangat indah dan menyejukkan hitung hitung untuk pemanasan mendaki hahaha, setelah itu baru kamu berangkat ke kawah ijen, disana kamu masih harus menginap hingga dini hari dikarenakan wisata ini ditutup kalau malam hari, saat pendakian mulai dibuka kamu bisa berangkat dengan hati – hati. Setelah kamu melihat blue fire dan turun ke danaunya kamu bisa merasakan pemandangan lagi disaat perjalanan pulang, kamu bisa isirahat sejenak diatas gunung kawah ijen dan foto foto  seperti foto pertamaku di atas. Jadi waktu anda tidak terbuang banyak tapi sudah mendapatkan 3 wisata sekaligus. Benarkan? Oh iya, jangan lupa membawa perlengkapan menginap dan baju hangat karena aku tau rasanya tidak membawa perlengkapan menginap itu seperti apa, jadi aku sarankan jangan sampai lupa.#Pengalamanpahitmanis

4. Tancak Kembar
              
    Berbeda Dengan nomer 1,2.3 kalau diatas berada di bagian timur bondowoso, sekarang kita berpindah ke arah barat bondowoso, tepatnya desa Andung sari kecamatan pakem.Tancak kembar adalah wisata Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 77m, Kenapa dinamakan Tancak kembar dikarenakan ada dua Air terjun sekaligus dalam satu pandangan dan terlihat sangat mirip sehingga dinamakan kembar. Tempat wisata ini jarang diakses orang entahlah kenapa, mungkin banyak sebagian orang yang belum tau atau banyak turis luar kota yang ingin kesana tapi tidak tau arah menuju ke tempat tersebut, Jadi ketika pertama dan kedua kalinya kami kesana suananya masih sepi, sejuk, dan semuanya sangat alami, maka aku sarankan untuk kalian yang ingin kesina jangan sendirian atau hanya berdua hehehe. Akses menuju tempat ini sangat mudah dikarenakan jalan telah beraspal dan sedikit menanjak tapi terdapat juga jalan yang sedikit dan benar benar menanjak sehingga temanku harus turun sejenak berjalan kaki karena takut motor yang kami kendarain terjatuh. Tancak kembar berada di ketinggian 900mdpl namun dingin dan sejuknya tidak kalah dengan kawah ijen dan kawah wurung apalagi kalau kamu duduk langsung dibawah air terjun seperti yang ada di sinetron sinetron indonesia haha rasanya sangat dingin bahkan aku merasakan dingin yang lebih saat aku berendam di bawah air terjun tersebut.
 Sebenarnya masih banyak tempat wisata di bondowoso yang InsyaAllah aku posting juga nanti di postingan selanjutnya, seperti peninggalan zaman megalitikum, Rafting di bosamba dan wisata wisata lain yang belum aku datangin, Jadi jika aku ditanya Bondowoso apakah surga yang tersembunyi? Sudah sangat jelas aku jawab “IYA” sangat banyak wisata disini yang masih sangat natural dan pemandangan yang tidak bisa kamu dapatkan disembarangan tempat.
Aku akhiri disini postinganku kali ini, Maaf jika terdapat kata – kata yang merusak citra atau meyinggung pihak manapun. InsyaAllah seperti kataku tadi aku akan memposting banyak pengalamanku di tempat tempat wisata Bondowoso yang sudah pasti sangat menarik dan tidak kalah dengan kota lain dan Negara – Negara Lain, Jika ada krtik dan saran dari kalian tolong tulis komentar kalian di bawah, Terimakasih. Semoga bermanfaat untuk kita semua
 
Wassalamuaalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. :)


EmoticonEmoticon